PPBM DEBAT ==== Forum tanya jawab semua tentang islam ====

Hukum Menjual Kucing

بيع الهرة الاهلية جائز بلا خلاف عندنا إلا ما حكاه البغوي في كتابه في شرح مختصر المزني عن ابن العاص أنه قال لا يجوز وهذا شاذ باطل مردود والمشهور جوازه وبه قال جماهير العلماء نقله القاضى عياض عن الجمهور وقال ابن المنذر أجمعت الامة على أن اتخاذه جائز ورخص في بيعه ابن عباس وابن سيرين والحكم وحماد ومالك والثوري والشافعي وأحمد واسحق وأبو حنيفة وسائر أصحاب الرأي قال وكرهت طائفة بيعه منهم أبو هريرة ومجاهد وطاووس وجابر بن زيد قال ابن المنذر إن ثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم النهى عن بيعه فبيعه باطل وإلا فجائز هذا كلام ابن المنذر واحتج من منعه بحديث أبى الزبير قال سألت جابرا عن ثمن الكلب والسنور فقال زجر النبي صلى الله عليه وسلم عن ذلك) رواه مسلم 
* واحتج أصحابنا بأنه طاهر منتفع به ووجد فيه جميع شروط البيع بالخيار فجاز بيعه كالحمار والبغل والجواب عن الحديث من وجهين 
(أحدهما)
جواب أبى العباس بن العاص وأبي سليمان الخطابى والقفال وغيرهم أن المراد الهرة الوحشية فلا يصح بيعها لعدم الانتفاع بها الا على الوجه الضعيف القائل بجواز أكلها (والثاني) أن المراد نهى تنزيه والمراد النهى على العادة بتسامح الناس فيه ويتعاوزونه في العادة فهذان الجوابان هما المعتمدان.


    Text di atas adalah kutipan dari kitab Majmu' Syarh Muhazzab, salah satu kitan fiqh yang dominan dalam mazhab Syafii. Artinya:
Menjual kucing piaraan hukumnya boleh tanpa ada perbedaan pendapat di kalangan mazahab kami, kecuali riwayat dari Baghawi dalam kitab Syarh Muhtashar Muzani dari Ibnu Ash beliau berkata tidak boleh. Pendapat beliau itu tidak benar. Yang benar adalah boleh menjual kucing piaraan, itulah pendalah yang mashhur dan dikatakan mayoritas ulama. Ibnu Munzir bahkan mengatakan para ulama konsensus boleh memelihara kucing dan Ibnu Abbas memperbolehkan menjualnya. Pendapat serupa diriwayatkan dari imam Ibnu Sirin, Hakam, Hamad, Malik, Tsuari, Syafii, Ahmad, Ishaq, Abu Hanifah.
Ada sebagian ulama yang menghukumi makruh menjualnya, itu diriwyatkan dari Abu Hurairah, Mujahid, Thawud, Jabir bin Zaid. Ibnu Munzir berkata, kalau ada hadist yang melarang menjualnya maka menjualnya tidak sah. Pendapat yang melarang menjual kucing menggunakan hadist Abu Zubair r.a. dia bertanya kepada Jabir tentang hasil penjualan anjing dan kucing, beliau mengatakan Rasulullah saw melarangnya (h.r. Muslim).
Para ulama mengatakan bahwa kucing adalah hewan yang suci, dan bermanfaat dan memenuhi syarat jual beli maka boleh dijual seperti keledai dan kuda poni. Adapun hadist yang melarang tersebut maksudnya adalah kucing liar maka tidak boleh dijual karena tidak ada manfaatnya. Atau maksudnya kalau masyarakat setempat memandang bahwa menjual kucing adalah tercela.

Semoga bermanfaat. Wassalam

0 Response to "PPBM DEBAT ==== Forum tanya jawab semua tentang islam ===="

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel